POWER TRAIN - PEMINDAH TENAGA
KOPLING
Letak: antara
mesin dan transmisi
Fungsi: untuk
menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi.
Syarat:
- dapat menghubungkan
putaran mesin ke transmisi dengan lembut.
- dapat memindahkan
tenaga mesin ke transmisi tanpa slip.
- dapat memutuskan
hubungan dengan cepat dan sempurna.
Kerja kopling: Pada saat Pedal kopling
ditekan Release fork menekan Release bearing, lalu Release bearing menekan
diagphragma, kemudian menarik (membuat tertarik) Plat penekan (Pressure plat),
selanjutnya membebaskan Plat kopling.
TRANSMISI
Komponen utama:
1.
Input Shaft, berfungsi untuk meneruskan tenaga putaran dari kopling ke
transmisi.
2.
Main Gear, berfungsi untuk meneruskan tenaga putar yang disamakan oleh
conter gear dan merubah momen kecepatan yang dibantu oleh ring syncromesh.
3.
Counter Gear dan shaft, berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari input shaft ke
gigi percepatan.
4.
Reverse Idle Gear dan shaft, berfungsi untuk merubah arah putaran output shaft sehingga
berlawanan dengan input shaft agar kendaraan berjalan mundur.
5.
Output Gear, berfungsi untuk meneruskan tenaga putar yang keluar dari
transmisi yang selanjutnya dipindahkan ke propeller shaft.
DIFFERENTIAL
Differential
terdiri dari dua bagian utama:
- Final Gear: terdiri dari drive
pinion dan ring gear, fungsinya untuk memperbesar momen dan merubah arah
putaran sebesar 90 derajat.
- Differential Gear: terdiri dari side
pinion gear, fungsinya untuk membedakan putaran antara roda kiri dan
kanan.
kerja
Differential:
#Pada saat jaln lurus
Drive
pinion memutarkan Ring gear, Ring gear memutarkan Differential case,
Differential case menggerakkan Pinion gear melalui Pinion shaft
dan dan Pinion gear memutarkan Side gear kiri dan kanan dengan rpm yang
sama (karena tahan roda kiri dan kanan sama) sehingga putaran roda kiri dan kanan
sama.
#Pada saat jalan belok
Drive
pinion memutarkan Ring gear, Ring gear memutarkan Differential case,
Differential case menggerakkan Pinion gear melalui Pinion shaft dan
dan Pinion gear mengitari Side gear yang bebannya berat sehingga
menyebabkan putaran roda kiri dan kanan yang tidak sama.
AXLE SHAFT
Fungsi:
Sebagai
penumpu beban roda atau dudukan roda dan penerus mesin ke roda.
Axle shaft diklasifikasikan menjadi 2:
v Axle shaft
rigid
v Axle shaft
independent
Komentar
Posting Komentar